bisnis online kelas x TI 2

 MATERI BISNIS ONLINE KELAS X 

RANGKUMAN


1. Social Media adalah sebuah media online, yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.


2. Pemasaran dengan media sosial bukanlah pengganti dari setiap alat pemasaran lain yang telah Anda gunakan sejauh ini. Jadi, Anda harus selalu menggunakannya bersama dengan alat pemasaran lainnya. Perhatian pada pelanggan yang ada pada halaman bisnis media sosial dan website yang Anda kelola, Anda akan menuai hasil dengan kehadiran mereka ingin lebih banyak interaksi dengan Anda, dan ketika mereka melakukannya, Anda akan dapat menyajikan produk-produk Anda kepada mereka.


1. E-mail (electronic mail) atau surat elektronik adalah salah satu jenis layanan internet yang dapat digunakan sebagai sarana untuk mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail) kepada dan dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet.


2. Ada beberapa fungsi dan kegunaan dari e-mail, di antaranya sebagai berikut.

a. Sebagai alat komunikasi yang tidak terikat waktu dan tempat

b. Sebagai media pengiriman file-file digital

c. Sebagai alat untuk mendaftarkan diri di situs website


3. E-mail marketing adalah teknik pemasaran menggunakan media internet dan surat elektronik dengan tujuan menjalin hubungan dan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan.


4 Ada beberapa tipe e-mail marketing yang dilakukan oleh para pengusaha online, di antaranya adalah direct e-mail, retention e-mail, dan beriklan di email list orang lain.


5. Bagian dari surat elektronik

a. Preheader

b. Header

c. Subjek Line

d. Personalisasi ucapan

e. Body (tubuh)

f. Footer


1. Website merupakan sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait antara halaman yang satu dengan halaman yang lain, terkadang disertai dengan gambar, video, animasi, atau jenis-jenis objek lainnya.


2. Jenis-jenis website di antaranya website search engine, website networking, website forum, website berita, website blog, website portal, website gallery, website e-commerce, dan website sederhana.


3. Website statis merupakan website yang isi kontennya tidak dapat diubah secara langsung. Interaksi yang terjadi antara pengguna dan server hanya seputar link.


4. Pada website dinamis, seseorang dapat mengubah konten dari halaman tertentu dengan menggunakan browser.


5. Langkah-langkah merancang website: menentukan alamat domain, memilih tempat hosting, menentukan tujuan membuat website, membuat struktur/skema website, mempersiapkan isi konten, melakukan desain tampilan/antarmuka, menguji sebelum di hosting, mem-publish (melakukan hosting) ke internet, dan melakukan update secara berkala.


6. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam merancang website adalah kemudahan dalam menggunakan (usability), adanya sistem pencarian (search engine visibility), dan desain (design).


7. Usability meliputi bentuk navigasi, link, dan peta situs.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BISNIS ONLINE